Daftar Harga Burung Branjangan Terbaru 2019

Harga Branjangan – Singing Bushlark atau lebih dikenal dengan sebutan burung branjangan ini merupakan unggas pengicau yang asli dari daerah benua Asia dan Afrika. Burung kicau yang gemar bertengger di atas permukaan batu ini telah menyebar luas hampir di seluruh wilayah Asia Tenggara, tak terkecuali di tanah air.

harga burung branjangan

Di Indonesia sendiri, burung branjangan banyak ditemui di pulau jawa. Pada habitat aslinya, makanan favorit branjangan ialah biji-bijian, serangga kecil, dan aneka sayuran.

Jika dipelihara dan dikhususkan sebagai pengicau kontes, biasanya ia diberi makanan yang berkadar nutrisi tinggi seperti canary seed dan milet, yang mana kedua makanan ini juga kerap diberikan pada burung kenari dan lovebird. Tujuan dari pemberian pakan-pakan tersebut, supaya suara branjangan lebih gacor ngerol, ngotot, dan kadang ngalas.

Disisi lain, untuk harga branjangan lokal, sawah, wates, jawa, dan ntb, baik itu ombyokan bakalan atau lebih lagi yang sudah gacor, relatif berkisar hampir sama dengan harga burung tledekan. Meskipun mempunyai letak perbedaan dari segi nama, akan tetapi semua jenis branjangan seperti tertulis di atas, menyukai tempat-tempat yang cenderung terbuka dan terang seperti area persawahan, padang rumput, dll.

Branjangan sendiri banyak dikenal dengan kehandalannya dalam berkicau, semisal suara nembak, ngerol, ngotot, ngalas dan sebagainya tergantung pada isian suara yang diberikan. Sebab burung ini memang mampu merekam dan menirukan suara burung pengicau jenis lain yang didengarnya. Mengingat bakat yang cukup mengagumkan tersebut, akan menjadi semakin mudah untuk memiliki branjangan yang rajin gacor jika rutin memberikan pemasteran.

Bermodalkan kelebihan yang dimiliki olehnya, tak heran jika harga branjangan dipatok dengan nilai yang cukup tinggi. Meskipun harganya tak setinggi harga murai batu, namun tren burung branjangan belakangan ini tengah meroket lagi, setelah dulunya pernah surut cukup lama. Kenyataan itu, bisa dibuktikan dengan semakin banyaknya komunitas yang menyertakan burung branjangan di berbagai event. Misalkan latber dan latpres di beberapa daerah.

Bagi rekan-rekan kicau mania yang ingin menangkar burung branjangan, ada kalanya untuk mengetahui kemampuan yang dimilikinya terlebih dahulu.

Jika kualitas gacor dan harganya sesuai dengan keinginan, maka bisa lekas membeli dan segera menjadikannya sebagai burung kicau kontes andalan. Untuk harga branjangan sendiri, di setiap kota memiliki perbedaan. Misalnya di Jakarta dan Surabaya, pasti harga yang ditawarkan oleh penjual tidak sama persis.

Rekan-rekan kicau mania juga perlu mengingat bahwa harga branjangan mulai dari trotolan atau anakan, bakalan, hingga yang sudah gacor, juga dipengaruhi oleh jenis kelamin dan perilaku jinaknya. Dimana untuk branjangan jantan banyak dinilai cukup berpotensi dalam mengeluarkan suara sehingga harganya relatif lebih tinggi dibanding branjangan betina.

Umumnya, untuk burung bakalan yang baru didapat dari hutan terkadang memiliki harga yang murah, sebab cukup susah dijinakan dan dirasa lebih sulit dalam melakukan pemasteran.

Apabila tertarik pada branjangan yang rajin bunyi dan tanpa perlu repot-repot lagi untuk melatihnya. Maka bisa dengan membeli burung yang sudah gacor, tapi harganya juga berbeda dengan burung bakalan yang mana branjangan gacor lebih tinggi nilainya. Bagi rekan-rekan yang belum tahu kisaran harga burung branjangan terbaru 2019, silahkan simak daftar informasi berikut:

Daftar Harga Burung Branjangan Terbaru 2019

Jenis Burung BranjanganHarga
Burung Branjangan Jawa DewasaRp 1.000.000 – Rp 2.000.000
Burung Branjangan GacorRp 2.000.000
Burung Branjangan BahanRp 150.000
Burung Branjangan LokalRp 100.000 – Rp 250.000
Burung Branjangan Wates AnakanRp 200.000
Burung Branjangan Wates DewasaRp 1.500.000

Secara keseluruan, burung branjangan memang pantas untuk diperhitungkan. Selain dianugerahi perawakan yang indah dengan jambul dan tubuh tegas, burung ini juga mempunyai skill unik saat berkicau.

Bagaimana tidak, saat berada di alam liar ia sering ditemui sedang bermanuver di udara secara vertikal maupun horizontal sambil berkicau. Mungkin dari hal itu juga, mengapa burung ini cukup menggoda para penggemar kicau untuk membelinya.

Meskipun harga branjangan relatif lebih tinggi dibanding harga kenari lokal, branjangan cukup diminati. Banyak penghobi yang tidak peduli, walaupun burung kenari lebih memiliki postur tubuh yang lebih bagus, mereka lebih memilih branjangan sebagai peliharaan.

Tinggalkan komentar