Daftar Harga Burung Cucak Jenggot Terbaru 2019

Harga Cucak Jenggot – Semua kalangan kicau mania tanah air, pasti kenal dengan burung berjambul dan berjenggot putih menyerupai kapas dan jenggot orang tua yang unik ini.

harga burung cucak jenggot

Meskipun pamor yang diusung olehnya tak setajam awal kemunculannya dulu, burung yang terhimpun pada golongan cucak-cucakan ini masih menjadi unggas peliharaan. Baik itu dijadikan sebagai pengicau hiasan rumahan saja atau untuk diikutsertakan ke dalam ajang perlombaan gantangan.

Wajar jika cucak jenggot menjadi burung yang masih punya penggemar, sebab ia dinilai mempunyai keunggulan pada sisi harga yang mumpuni. Tak hanya dengan harga cucak jenggot yang dinilai cukup terjangkau saja, suara cucak jenggot juga banyak dibilang begitu mengagumkan. Bisa dibalang begitu, sebab suaranya lantang, merdu dan bervarisi.

Bukti dari suara yang bervariasi bisa dilihat pada kemampuan cucak jenggot yang bisa dengan mudah meniru suara burung-burung berkicau jenis lain.

Untuk suara masteran yang biasa diberikan pada cucak jenggot kontes diantaranya adalah suara burung gereja tarung, tengkek, tengkek buto, dsb. Selain memiliki suara yang indah, bentuk fisik dari burung ini juga tak kalah memukau dengan burung kerabat dekatnya yakni cucak kebun atau trucukan dan cucak rawa.

Mengingat peminat daripada cucak jenggot dari waktu ke waktu semakin meningkat, tak salah jika burung ini mendapat perhatian khusus dari pecinta burung untuk di budidaya. Hal ini dikarenakan oleh suara gacor mirip tembakan yang ia miliki.

Diharapkan dengan kemampuan suara cucak jenggot nembak yang dimiliki olehnya mampu menjadi prospek cerah dikemudian hari. Baik itu untuk dijual-belikan, maupun untuk menjunjung tinggi keberadaannya di pangsa perlombaan gantangan supaya kelas dari pada cucak jenggot bisa marak diadakan di setiap daerah.

Meski saat ini harga cucak jenggot cukup terjangkau, ada hal yang bisa membuat harga burung ini dibandrol dengan nominal tinggi. Salah satu faktor penyebabnya yakni sebuah tren yang ada di masyarakat.

Misalnya, cucak jenggot menjadi tren di suatu kota tertentu, lantaran burung berjenggot ini sering diikutsertakan ke dalam event latber dan latpres. Hal tersebut tentu akan berpengaruh terhadap naiknya harga cucak jenggot. Baik itu cucak jenggot anakan trotolan, bakalan atau yang sudah gacor.

Begitu pula dengan burung yang sudah pernah menjadi juara lomba entah itu tingkat Daerah maupun Nasional, maka harganya dapat dipastikan semakin mahal.

Bagi rekan-rekan yang hendak memutuskan untuk membeli burung berjenggot ini, ada baiknya jika mengetahui patokan harga cucak jenggot terlebih dahulu.

Hingga pada kesempatan kali ini membuat saya mencoba memberikan ulasan harga burung cucak jenggot yang umum di pasaran. Mulai dari harga cucak jenggot bakalan, yang sudah berusia satu tahun, sudah bisa gacor, sudah menjadi masteran, cucak jenggot juara Nasional, dll.

Tentunya semua banderol harga yang diusung oleh burung ini dibedakan berdasarkan beberapa faktor spesifikasi yang mendukung. Semisal kemampuan berkicau yang dimiliki, jenis kelamin dan bentuk fisiknya. Untuk lebih lengkapnya lagi menyinggung harga cucak jenggot terbaru 2019, ada baiknya jika menyimak beberapa daftar yang telah tersaji berikut:

Daftar Harga Burung Cucak Jenggot Terbaru 2019

Jenis Burung Cucak JenggotHarga
Burung Cucak Jenggot MedanRp 150.000 – Rp 250.000
Burung Cucak Jenggot GacorRp 500.000
Burung Cucak Jenggot BakalanRp 100.000
Burung Cucak Jenggot Usia 1 TahunRp 400.000 – Rp 500.000
Burung Cucak Jenggot Jantan AnakanRp 150.000
Burung Cucak Jenggot SumateraRp 150.000 – Rp 250.000
Burung Cucak Jenggot BahanRp 100.000 – Rp 150.000
Burung Cucak Jenggot JawaRp 300.000

Ada yang perlu diingat, bahwa harga cucak jenggot seperti yang telah tertulis di atas tidaklah sama di berbagai daerah. Bisa saja mengalami perubahan setiap bulannya. Namun, referensi yang kami berikan merupakan harga patokan yang umum digunakan di pasaran.

Tips bagi para kicau mania yang ingin memiliki cucak jenggot untuk andalan burung kontes. Banyak anggapan dari beberapa pihak, bahwa burung yang bagus untuk dilombakan yakni cucak jenggot jantan. Selain memilih cucak jenggot yang berkelamin jantan, pastikan burung yang akan dibeli mempunyai jambul, jenggot tebal, selera makan tinggi dan mental yang kuat.

Burung cucak jenggot yang mempunyai mental kuat bisa dilihat dari tingkat laku saat didekati manusia. Burung tersebut tidak akan takut dan terlihat lebih tenang.

Tinggalkan komentar