Macam Jenis Burung Murai Batu Populer

Artikel mengenai jenis murai batu dikaji secara serius oleh tim hargapeliharaan.com. Ikuti terus artikel menarik lain setiap hari.

Sudah tidak bisa dipungkiri, bahwa Murai Batu bukan burung biasa. Selain diketahui mempunyai suara kristal yang cukup khas, perawakan Murai Batu juga terbilang istimewa. Bisa dibilang, mendengar istilah burung ekor panjang saja, pasti kebanyakan orang pasti sudah bisa menebaknya bahwa itu adalah jenis burung Murai Batu. Meskipun berbagai jenis Murai Batu yang diantaranya seperti Murai Batu Medan, Lampung, Aceh, Nias dan Borneo mempunyai panjang ekor tidak sama, namun sisi tersebut sudah menjadi nilai kekhasan untuk seluruh jenis burung dari keluarga Muscicapidae.

Sayangnya bagi masyarakat yang bertujuan ingin memelihara maupun yang membudidayakan berbagai jenis burung Murai Batu tidak sepenuhnya diperbolehkan. Dimana jenis burung Murai yang ada di Indonesia keberadaannya sudah semakin langka, sehingga telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai salah satu jenis fauna yang dilindungi. Salah satunya ialah murai Batu Medan. Berdasarkan sepengetahuan berbagai pihak, unggas yang diklaim berasal dari pulau Sumatera tersebut dilarang keras untuk dipelihara dan keluar dari wilayah tersebut. Bagi masyarakat yang kepadatan memilikinya, otomatis burung akan disita atau bahkan pemilik bisa dijatuhi sanksi pidana.

Adapun mengenai nama. Pada dasarnya penyebutan Murai Batu Medan sendiri dan sebagainya kurang tepat, sebab segala jenis yang dimaksudkan bukan merupakan burung endemik dari daerah yang dimaksudkan. Lebih tepatnya ialah burung Murai Batu yang dari ras Ekor Panjang. Dan ras Ekor panjang ini sendiri memang secara kebetulan dari dulu jumlah populasinya di alam liar paling banyak berada di pulau Sumatera. Bisa dibilang, jenis murai tersebut juga bisa ditemukan di negara-negara lain dan berbagai wilayah di Indonesia.

Meskipun terkesan demikian, namun hal tersebut sah-sah saja mengapa masyarakat dari dulu lebih suka menyebutnya dengan embel-embel nama daerah asal ketimbang sub-spesies (ras). Hanya saja dengan catatan informasi atau sejarah Murai Batu mengenai nama tersebut sendiri sebaiknya juga perlu diketahui. Alangkah lebih baik menyimak seputar ciri fisik berdasarkan ras daripada daerah asal. Berikut macam jenis burung Murai Batu di Indonesia, lengkap dengan gambar berdasarkan ras ataupun ciri fisik yang bisa disimak:

1. Murai Batu Medan

burung murai batu medan
Burung Murai Batu Medan (olx.co.id)

Murai dari ras yang mempunyai ciri ekor paling terpanjang atau lebih sering yang disebut sebagai burung Murai Batu Medan. Berdasakan catatan sejarah beberapa ahli, jenis ini populasinya di Indonesia terbanyak memang berada di berbagai wilayah pulau Sumatera. Dan secara kebetulan, para pedagang atau para pengusaha dulu selalu berkumpul di kota Medan untuk menjajakannya. Lambat laun, jenis ini mulai dikenal dengan muray medan meskipun pada dasarnya sebernya ras ini juga bisa ditemui di berbagai provinsi lain di Sumatera.

2. Murai Batu Lampung

burung murai batu lampung
Burung Murai Batu Lampung (olx.co.id)

Semenatara itu untuk ras yang satu ini cenderung mempunyai ekor yang lebih pendek dan kaku. Panjang Ekornya rata-rata bisa mencapai antara 12 hingga 28 cm, tergantung umur dan jenis kelamin. Jenis yang lebih dikenal oleh masyarakat Indonesia dengan nama Murai Batu Lampung ini dinilai mempunyai keistimewaan lain yang lebih menonjol. Cukup banyak yang berpendapat, bahwa jenis ini lebih berstamina. Untuk jenis yang sudah master, jika sekali sudah berkicau gacor seakan-akan ia tidak mau berhenti bersuara.

3. Murai Batu Aceh

burung murai batu aceh
Burung Murai Batu Aceh (olx.co.id)

Untuk jenis yang satu hampir sulit dibedakan, baik dari segi otentik maupun suara dengan kerabat lainnya yang di Pulau Sumatera. Biasanya para pengehobi mengenalinya dari segi panjang ekor dan karakter suara. Berdasarkan pendapat berbagai pihakm Murai Batu Aceh mempunyai ekor yang panjangnya bisa mencapai 27 hingga 30 cm. Suaranya terdengar lebih tajam dan melengking serta ia lebih mempunyai karakter suara nembak daripada Ngobra. Selain itu, ukuran tubuhnya diklaim lebih kecil dibandingkan dengan jenis Muray lain.

4. Murai Batu Borneo

burung murai batu borneo
Burung Murai Batu Borneo (olx.co.id)

Murai Batu Borneo merupakan ras tersendiri yang ekornya tidak lebih panjang dengan kerabatnya yang ada di pulau Sumatera. Saat menginjak usia dewasa, rata-rata ekornya hanya bisa memanjang diantara 8 hingga 13 cm. Meskipun terkesan demikian, jenis ini juga mempunyai tingkah laku Ngobra pada saat berkicau dan bahkan mentalnya dinilai lebih kuat jika dibandingkan dengan jenis muray lain. Selain itu, suara gacornya juga diklaim lebih keras dan cukup cocok untuk digunakan sebagai bahan isian masteran jenis burung penyanyi lain.

5. Murai Batu Nias

burung murai batu nias
Burung Murai Batu Nias (olx.co.id)

Berbeda dengan jenis ras yang satu ini. Ras yang lebih dikenal oleh masyarakat Tanah Air dengan burung Murai Batu Nias ini mempunyai ekor yang tidak terlalu panjang, yakni rata-rata hanya sampai berkisar 17 – 20 cm saja. Meski terkesan ekornya tidak lebih panjang dan harganya yang ada di pasaran sendiri rata-rata juga tidak lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis muray lain, namun jika sudah bicara soal bakat suara dan mental dinilai masih sama. Jika dirawat dan dilatih dari bakalan, ia juga bisa mempunyai mental dan suara kristal yang istimewa.