Makanan Burung Cucak Jenggot Biar Gacor

Artikel mengenai makanan cucak jenggot dikaji secara serius oleh tim hargapeliharaan.com. Ikuti terus artikel menarik lain setiap hari.

Makanan Cucak Jenggot – Dalam proses merawat aneka macam jenis burung berkicau, hampir setiap pemilik tentunya mengharapkan kalau pengicau yang sekian lama telah dipelihara bisa memiliki kemampuan yang mumpuni. Hal sedemikian rupa juga tak jarang diimpikan oleh para kicau mania yang mana telah menangkar burung cucak jenggot atau yang juga kerap disebut dengan empuloh janggut ini. Selain harapan yang ditujukan pada kemampuan berkicau-nya, pemilik daripada burung ini sendiri, pastinya juga berkeinginan kalau si cucak bisa tetap sehat tanpa ada keganjalan-keganjalan lain seperti rentan penyakit, dan hal kurang bagus semacamnya.

Sehubungan dengan kesehatan burung bernama ilmiah Alophoixus bres, untuk memperolehnya tentu tergantung pada pola perawatan hariannya. Apabila rawatan harian diberikan dengan baik, benar, dan sesuai dengan karakter burung, niscaya ia akan senentiasa terjauh dari berbagai macam penyakit. Perawatan yang lebih diperhatikan tidak hanya berguna bagi kesehatan burung, tetapi juga bisa memungkinkan pengicau dari suku Pycnonotidae ini dapat lekas gacor dengan suara yang lebih lantang, merdu dan bervariasi. Menyinggung setelan harian yang juga bermanfaat terhadap kemampuan berkicau-nya, pastinya akan lebih maksimal jika dibantu dengan pakan atau makanan cucak jenggot agar sehat dan gacor.

Menyinggung pakan atau makanan cucak jenggot agar tetap sehat dan lebih gacor, untuk jenis-jenisnya sesungguhnya tidaklah terlalu sulit untuk diperoleh. Bisa dibilang begitu, karena santapan yang paling digemari oleh burung yang dikelompokkan pada genus Criniger ini, umumnya bisa didapatkan di hampir setiap toko atau kios-kios burung. Disamping itu, adapun beberapa pakan yang paling disukai cucak jenggot sekaligus yang umum diberikan oleh para pemeliharanya antara lain buah-buahan segar, voer, dan EF atau ekstra fooding (pakan tambahan). Terlepas dari itu semua, untuk lebih lengkapnya lagi mengenai jenis makanan yang bisa diberikan pada cucak ijo, tidak ada salahnya jika berkenan untuk menyimak beberapa informasi berikut:

Buah-buahan Segar

Kandungan vitamin yang ada di setiap jenis buah-buahan pastinya berbeda-beda. Oleh karena itu, supaya aneka macam jenis vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh burung, ada baiknya jika diberikan secara bervariasi misalkan hari pertama buah A, kedua buah, B, ketiga C, dan seterusnya. Disisi lain, adapun jenis buahan segar yang banyak diberikan pada cucak jenggot antara lain pepaya, pisang kepo, apel, pir, jeruk, dan lain sebagainya.

Karena pepaya dipercaya memiliki kandungan vitamin C tinggi yang berperan dalam meningkatkan daya tahan tubuh burung, maka sangat baik jika pemberiannya lebih ditekankan atau ditingkatkan. Selain itu, pepaya juga banyak diyakini bahwa mampu dicerna dengan mudah dan sesuai terhadap sistem metabolisme setiap jenis burung pemakan buah-buahan, tak terkecuali untuk cucak jenggot sendiri.

Terlepas dari itu, supaya terhindar dari hal-hal kurang bagus seperti gangguan kesehatan yang mana ditimbulkan oleh pakan atau makanan cucak jenggot yang cenderung tidak diperhatikan, sebelum diberikan kepada burung maka ada baiknya jika dibersihkan dengan cara dicuci terlebih dahulu. Tujuan dari pencucian yakni agar buah lebih steril dan terhindar dari bahan berbahaya misalnya karbit yang biasanya membalut pada bagian kulit pisang.

Voer atau Poor

Pakan cucak jenggot agar sehat dan gacor yang berupa voer / poor, bertujuan untuk memenuhi kebutuhan protein yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan burung. Selain itu, tidak sedikit yang mengklaim bahwa poor ternyata juga mengandung kadar vitamin dan mineral. Mengingat beberapa pernyataan tersebut, maka ada baiknya jika voer selalu tersedia pada wadah yang biasa digunakan untuk menompang makanan cucak jenggot.

Akan tetapi untuk kadar protein dalam voer juga harus disesuaikan dengan karakter burung, biasanya ada burung-burung tertentu yang cocok dengan poor berkadar protein tinggi dan terkadang ada yang tidak. Menyinggung kandungan yang terdapat pada jenis pakan kering ini, adapun yang umum diberikan oleh para kicau mania ialah voer berkadar protein sedang antara 12% – 18%, diluar itu tidak menutup kemungkinan kalau sesuai dengan karakter burung.

Kroto

Kroto berperan sebagai EF atau ekstra fooding (pakan tambahan), dan banyak dipercaya bahwa di dalamnya terkandung kadar protein tinggi yang diyakini mampu meningkatkan stamina burung. Dan jika stamina-nya lebih mumpuni maka suaranya pun otomatis akan lebih lantang saat berkicau. Oleh karena itu, ktroto sangat bagus diberikan kepada burung cucak jenggot yang hendak diikutsertakan dalam ajang kompetisi gantangan.

Disamping mampu meningkatkan stamina burung, kroto juga banyak dianggap mampu menuaikan dampak bagus, khususnya pada bulu burung. Dan apabila diberikan secara teratur asalkan tidak over atau berlebihan, niscaya bulu cucak jenggot akan tampak lebih mengkilap. Disisi lain, supaya berbagai macam kebutuhan protein yang diperlukan oleh tumbuh kembang burung, bisa tercukupi dengan sempurna maka tidak ada salahnya jika kroto diberikan secara bervariasi dengan pakan tambahan lainnya.

Ulat Hongkong

Makanan atau pakan cucak jenggot agar sehat dan gacor yang berupa ulat hongkong, hampir sama manfaatnya dengan kroto yakni sama-sama mengandung kadar protein tinggi yang sangat diperlukan dalam proses pertumbuhan burung. Namun ulat hongkong harus diberikan dengan lebih hati-hati. Apabila sampai over atau berlebihan, sangat dikhawatirkan kalau nantinya justru berdampak kurang bagus bagi tubuh burung yang memiliki nama inggris Grey-cheeked Bulbul ini.

Banyak para kicau mania yang mengklaim bahwa pemberian ulat hongkong yang berlebihan dapat memicu terjadinya kelumpuhan, menurunkan sistem daya tahan tubuh, dan bisa menyebabkan bagian mata burung rentan membengkak. Terlepas dari itu, bagian ulat juga harus lebih diperhatikan sebelum diberikan kepada cucak jenggot. Salah satu bagian yang sebaiknya disisihkan atau dipotong sebelum diberikan adalah bagian kepala ulat. Jika ikut terkonsumsi olehnya, tidak menutup kemungkinan kalau bagian kepala tersebut bisa menggigit tenggorokan burung.

Jangkrik

Makanan atau pakan cucak jenggot agar sehat dan gacor yang berupa jangkrik, banyak dipercaya mampu meningkatkan stamina burung sehingga cukup memungkinkan kalau dapat membuat suaranya lebih lantang dan lebih rajin dilantunkan dari paruhnya. Selain mampu meningkatkan stamina, jangkrik juga diyakini mampu meningkatkan birahi burung. Apabila burung sampai birahi, umumnya ia akan lebih rajin buka paruh. Namun jika sampai over birahi, tidak menutup kemungkinan kalau burung justru cenderung macet bunyi.

Mengingat beberapa kenyataan tersebut, supaya terjauh dari hal-hal kurang bagus misalkan burung menjadi over birahi dan kemudian macet bunyi, maka ada baiknya jika pemberian jangkrik lebih diperhatikan. Berbeda dengan burung yang sudah terbiasa dengan pemberian jangkrik berporsi tinggi, yang mana secara langsung tidak akan terlalu berdampak terhadap birahi-nya, namun jika berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama maka bukan tidak mungkin kalau akan berdampak kurang baik bagi tubuhnya.

Belalang

Belalang tidak jauh beda dengan EF atau ekstra fooding (pakan tambahan) lainnya, seperti jangkrik, ulat hongkong dan kroto, dimana semuanya sama-sama memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sangat diperlukan pada segi kesehatan dan kerajinan berkicau burung. Namun karena keberadaan dari belalang terbilang amat sulit untuk ditemukan, dan hingga saat ini masih sedikit atau mungkin justru belum ada yang menjualnya, maka wajar bila jenis pakan yang berupa serangga kecil ini cenderung jarang diberikan kepada burung cucak jenggot.